BANTUAN YANG DIKIRIMKAN PEMERINTA SELAMA COVID – 19 DARI LISTRIK GRATIS SAMPAI INSENTIF UNTUK PEGAWAI

Pemerintah memberikan sejumlah program yang diberi kan sebagi bala bantuan kepada masyarakat selama pandemi COVID – 19 ini. Pandemi yang tak kunjung henti ini, membuat sekotor ekonomi di Indonesia sangat terpukul. Dari mulai pariwisata yang menurun, daya konsumsi masyarakat yang rendah, sampai banyak nya pegawai yang terkenal PHK atau pemutus hubungan kerja. Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat selamat masa pandemi COVID – 19 ini dengan keringan biaya listrik, sampai bantuan Rp 600.000 per bulan untuk karyawan swasta yang memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta. Berikut beberapa progam bantuan yang diluncur kan pemerintah kepada masyarakat selama pandemi COVID – 19.

Program Bantuan Pemerintah Di Tengah pandemi COVID-19

1.Listrik Gratis 450 VA dan 900 VA Subsidi

Pemerintah memberikan bantuan berupa program listrik gratis yang diberikan kepada masyarakat melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Progam yang di klaim dapat mengurangi dampak ekonomi dari penyebaran COVID – 19 ini. Listrik gratis yang diberikan kepada seluruh pengguna 450 VA dan subsidi 50 persen untuk pengguna 90 VA yang masuk ke dalam kategori. Listrik gratis yang diberikan ini dapat dilakukai melalui website resmi nya PLN atau via whatsapp 0812-2-123-123. Tetapi, program listrik gratis untuk masyarakat ini hanya diberlaku kan sampai bulan September 2020.

2.Bantuan Listrik Untuk UMKM dan Industri Kecil

Para pelanggan golongan bisnis kecil atau sama dengan UMKM dan industri kecil dengan menggunakan listrik daya 450 VA juga akan mendapatkan bantuan listrik gratis. Kebijakan yang diberlaku kan ini adalah upaya sebagai tindak lanjut dari program pembebasan dan pemberian diskon listrik bagi para pelanggan rumah tangga. Selain itu, ada listrik gratis yang diberikan kepada pelanggan dengan golongan bisnis kecil B1 / 450 VA dan industry kecil I1 / 450 VA. Cara untu mengklaim program listrik gratis ini dapat melalui websire resmi dari PLN atau dapat melalui via whatsapp ke nomor 0812-2-123-123. Program bantuan listrik untuk UMKM dan industri kecil ini hanya berlaku sampai bulan Oktober 2020.

3.Kartu Prakerja

Program bantuan pemerintah yang ke tiga ini adalah program bantuan kartu prakerja yang merupakan program bantuan biaya pelatihan untuk angkatan kerja. Tetapi, dalam respons pandemi COVID -19 program yang ditujukan untuk masyrakat yang terkenal dampak dari wabah virus corona ini. Sasaran nya yaitu WNI yang berumur 18 tahun ke atas dan tidak sedang berada dalam pendidikan formal, dan sasaran nya pada para pekerja korban PHK atau pelaku UMKM yang terkena dampak dari COVID – 19 ini. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah adalah sejumlah Rp 3.550.000.

4.Bantuan Sosial Tunai (BST)

Program yang ke empat yang diberika pemerintah adalah Bantuan Sosial Tunai (BTS), program ini memberikan dana secara tunai sejumlah Rp 600.000 kepada para masyarakat yang terkena dampak atau pun yang belum masuk ke dalam pendataan Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementrian Sosial (Kemensos). Selain itu, pemerintah daerah diberikan keleluasaan untuk mengajukan penerima bantuan. Data pengusulan yang kemudian akan di verfikasi oleh tim Kemensos untuk memastikan yang bersangkutan tidak termasuk ke dalam daftar penerima bantuan pemerintah pusat yang lain. Bantuan dikirim melalui transfer rekening masing – masing penerima, melalui PT Pos Indonesia.

5.Bantuan Karyawan Swasta

Bantuan Langsung Tuna (BLT) diberitakan akan diberikan kepada 13,8 juta pegawai swasta yang aktif terdaftar pada BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150.000 per bulan. Kriteria nya adalah dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Bantuan itu akan di lakukan selama 4 bulan dan akan diberikan per dua bulan, di mulai pada bulan September 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post